Contoh Essay Beasiswa Unggulan Kemdikbud



Hi guys, kali ini saya ingin memposting tentang essay saya ketika mendaftar sebagai pendaftar dari beasiswa unggulan kemdikbud. Puji Tuhan saya adalah salah satu penerima beasiswa unggulan kemdikbud RI tahun 2017, nah dalam pengumpulan berkas untuk beasiswa ini diharuskan menuliskan essay. Bagi kalian yang masih bingung dalam membuat essay untuk beasiswa ini, saya akan memberikan contoh essay yang saya buat pada saat mendaftar sebagai peserta beasiswa ini. Semoga membantu ya guys, Good luck juga buat perjuangan mendapatkan beasiswa nya.



Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia

Penulisan esai yang berjudul “ Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indoneesia ” ini bertujuan untuk pemenuhan syarat pengajuan beasiswa unggulan kemdikbud tahun 2017. Saya mengawali esai ini dengan memperkenalkan diri saya terlebih dahulu, nama saya Raymond Alvonso Parsaoran anak ke-2 dari tiga bersaudara, saya terlahir di ibukota RI yaitu Jakarta pada tanggal 5 Maret 1998. Saat ini saya sedang menimba ilmu hukum S-1 di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (angkatan 2016) yang merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia.
Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang dimana ketika kita mampu untuk bisa berkuliah di perguruan tinggi negeri itu adalah sesuatu hal yang luar biasa karena kita bisa dianggap oleh banyak orang sebagai orang pitar. Dalam perjalanan saya bisa diterima di perguruan tinggi negeri saya mengalami banyak sekali hambatan dan kegagalan. Kegagalan yang saya rasakan adalah ketika saya tidak bisa mengikuti SNMPTN (seleksi masuk ptn tanpa test) karena saya tidak termasuk dalam 75% siswa terbaik di SMA.
 Semenjak kegagalan itu saya bertekad untuk bisa lebih baik lagi dan ingin mencapai target saya yaitu bisa kuliah di perguruan tinggi negeri. Lalu untuk mencapai target kuliah di perguruan tinggi negeri saya juga mengikuti test SBMPTN, Seleksi Masuk Universitas Brawijaya, dan SIMAK UI, namun dalam test tersebut saya juga mengalami kegagalan. Saya merasa sedih sekali karena gagal dalam test tersebut, namun saya adalah tipe orang yang tidak mudah menyerah sebelum semua kesempatan habis.
Saya terus belajar, belajar, dan belajar dan juga saya percaya pada diri saya bahwa saya bisa mencapai target saya yaitu kuliah di perguruan tinggi negeri, walaupun seluruh teman dan keluarga saya sudah menyarankan saya untuk mendaftar ke perguruan tinggi swasta dan melupakan impian saya bisa kuliah di ptn, namun saya tetap memiliki semangat yang tinggi untuk bisa kuliah di ptn. Kemudian dalam percobaan terakhir saya untuk kuliah di perguruan tinggi negeri saya mengikuti seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, dan akhirnya saya berhasil mencapai target dan menunjukkan bahwa setiap kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda.
Saya berhasil lulus pada prodi ilmu hukum S-1 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Alasan saya memilih prodi ilmu hukum karena yang pertama yaitu saya menyukai dunia hukum, yang kedua saya ingin memberikan kepastian kepada seluruh masyarakat untuk mendapatkan keadilan dalam dunia hukum.
Saat ini hukum di Indonesia mendapat julukan “tajam kebawah tumpul keatas” oleh karena itulah saya belajar di fakultas hukum dimana nantinya saya bisa mengubah julukan itu dan menjadikan hukum sebagai alat keadilan yang betul-betul adil seperti yang seharusnya.
Sejujurnya saya sangat sedih sekali melihat kondisi hukum Negara ini, karena Negara Indonesia dijuluki Negara hukum tetapi hukumnya sendiri pun masih sangat buruk sehingga tidak tercermin sebagai Negara hukum. Negeri ini punya banyak sekali orang-orang pintar, tetapi hanya sedikit dari mereka yang peduli terhadap Negara ini khususnya di dalam bidang hukum, untuk itu saya ingin sekali memperbaiki semua itu kedepannya supaya hukum di negeri ini berjalan seperti apa mestinya dan membuat sebuah dampak yang positif bagi Negara Indonesia.
Semua itu memang tidaklah mudah tapi saya tetap percaya dan yakin bahwa saya bisa menjadi orang yang membawa perubahan pada dunia hukum yang ada di Indonesia, maka dari itu saya terus berusaha semaksimal mungkin dalam mempelajari ilmu-ilmu tentang hukum.
Dalam perjalanan saya mempelajari ilmu hukum, saya tidak hanya belajar dari buku panduan saja melainkan selalu mencoba mencari tau hal-hal yang berkaitan dengan hukum yang sedang popular atau viral hal itu saya lakukan supaya saya tidak tertinggal informasi. Kemudian saya juga mencoba berdiskusi dengan teman se-fakultas untuk membahas topik-topik mengenai hukum, hal itu saya lakukan supaya saya mengetahui apa tanggapan mereka terhadap topik yang dibicarakan dan bisa membuat kesimpulan, karena kesimpulan dari berbagai macam pendapat akan lebih baik dibanding kesimpulan yang diambil oleh satu pihak.
Selain berdiskusi saya juga mencoba bersosialisasi dengan lingkungan sekitar untuk perduli terhadap lingkungan sekitar, hal itu saya lakukan supaya menjadi kebiasaan untuk perduli lingkungan karena suatu saat nanti ketika saya sudah menjadi ahli hukum maka saya harus perduli terhadap hukum itu sendiri, terhadap Negara dan juga yang pasti terhadap masyarakat. Sebagai seseorang yang berintelektual saya harus menjadi sebuah contoh yang baik bagi masyarakat dan harus membawa dampak yang positif juga.
Kemudian saya juga mengamalkan ilmu hukum saya dalam masyarakat, karena tidak ada gunanya sebuah teori yang dipelajari tanpa sebuah praktek langsung yang dilakukan.
Selain berdiskusi, bersosialisasi, dan mengamalkan ilmu hukum, saya juga selalu ingin memiliki tubuh atau raga yang sehat supaya saya bisa terus mengikuti pelajaran di kampus dengan baik. Karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk itu cara saya menjaga tubuh saya agar selalu sehat adalah dengan cara rutin berolahraga. Saya sangat menyukai dunia olahraga, alasan saya suka olahraga karena didalam olahraga pasti ada target yang ingin kita raih dari olahraga tersebut. Begitupun dengan saya yang ingin melakukan sesuatu untuk mencapai target tertentu karena tidak ada artinya jika kita melakukan sesuatu tanpa memiliki target yang ingin dicapai. 
Dari segala apa yang sudah saya capai sampai saat ini dalam perkuliahan yaitu telah mencapai IP 3,68 pada semester pertama saya sudah merasa cukup bangga tetapi saya yakin bahwa saya bisa mencapai target yang lebih dari itu dan kepercayaan atau keyakinan kuat itulah yang membuat saya untuk terus belajar dan melakukan segala prosedur untuk mencapai target saya, dan target utama saya adalah menjadi generasi unggul kebanggaan bangsa Indonesia dan saya sangat yakin bahwa saya bisa mencapai target utama saya tersebut.

Demikianlah esai ini saya buat dengan yang sebenarnya, terimakasih.







Comments

  1. Bagus.. 👍👍
    Jadi referensi essay ku nih hehe

    ReplyDelete
  2. keren.. btw, kakak lolos kemarin di batch 2 ya?

    ReplyDelete
  3. Terimakasihh☺, btw saya lolos di batch 1 nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya ada kuota lolos dimasing-masing batch atau ga ? mohon info yaa

      Delete
    2. Pada tahun kemarin tidak ada pemberitahuan kuota di setiap batch

      Delete
    3. Terima kasih atas referensi essaynya kak😊 ini sangat membantu hehehhe

      Delete
    4. Kak boleh share proposal nya ?ke gmail
      kashuafauzie@gmail.com

      Delete
  4. Kak boleh share untuk rencana studinya ga? :)

    ReplyDelete
  5. Kak bisa minta contoh essaynya nggk ??
    Kalau bisa kaka kirim di gmail aku sima45196@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Kak bisa minta contoh essaynya nggk ??
    Kalau bisa kaka kirim di gmail aku sima45196@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Kak, bisa share proposal rencana studinya? Hehehe. Terimakasih banyak esainya, saya jadi semangat mengajukan diri buat BU 😄😄😄

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ka,, essay tuh harus minimal 3 halaman ya??

      Delete
  9. Kalau dalam essay banyak tentang latar belakang kita saat zaman sekolah boleh tidak?

    ReplyDelete
  10. Bagaimana dengan settifikat prestasi yang di Upload? Apakah harus juara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, sesuai syarat BU tahun ini seperti itu

      Delete
  11. Mbak, trik supaya lolos beasiswa itu bagaimana?

    ReplyDelete
  12. Kak,bagaimana jika dosen kampus tidak mau menandatangani surat rekomendasi karena surat rekomendasinya bukan dari fakultas, apakah surat rekomendasi dari fakultas bisa dilampirkan menggantikan surat rekomendasi dari BU?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah ada format yang dikasih oleh BU tidak usah pakai format lain, bilang saja sudah ketentuannya harus seperti BU rekomendasinya

      Delete
  13. kak,saya sudah lulus tahap 1 dan selanjutnya tahap 2. pada tahap 2 ini, apakah ada batas waktu pengisian data di akun peserta soalnya batas waktunya tidak diberitahukan? selanjutnya kak, apa saja yang ditanyakan ketika wawancara? terima kasih kak mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. isi secepatnya sebelum saja kalau bisa sebelum hari wawancara dimulai. kuasai saja essay yang kamu buat

      Delete
  14. Kak pas pengumuman kita cek sendiri atau bakal ada email masuk??

    ReplyDelete
  15. kakak boleh ijin artikel esainya? kan saya beserta tim schoters.com lagi mau bikin ebook panduan membuat esai, esai kakak mau saya masukin dalam ebook sebagai contoh esai yang baik dan benar. ebook itu kami bagikan gratis nantinya agar masyarakat di idn mengetahui panduan membuat esai dll

    ReplyDelete
  16. Kak biasanya pendaftaran itu bulan berapa & caranya biar tau telah di buka pendaftarannyA

    ReplyDelete
  17. Terimakasih bro, sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  18. Kak, boleh saya minta email atau kontaknya buat tanya-tanya seputar beasiswa ini?

    ReplyDelete
  19. kak boleh share proposa studi dan rencana, klo bisa via aminbudiman713@gmail.com

    ReplyDelete
  20. Kalo ga punya prestasi ikut lomba gitu tapi waktu disekolah juara kelas terus apa ada kemungkinan bisa dapat beasiswa unggulan kak? Terima kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum,
    Kak boleh minta kirim essaynya? 😁 buat referensi daftar di BU
    Ini emailnya kak
    Tettmuhammad12@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Apakah ada contoh Proposal Rencana Studi milik mas Raymond? Jika berkenan bisa dikirim ke email saya ke jagoarum37@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Kak bisa di kirimin lewat email saya kak essay karena mau daftar beasiswa unggulan tapi kurang tau cara pembuatannya email: yusril12398@gmail.com

    ReplyDelete
  24. Ka.. izin untuk saya jadikan referensi.. sukron..

    ReplyDelete
  25. Ada ka essay khusus S2 kak atau ka smanji?

    ReplyDelete
  26. Kk boleh kirim contoh proposal rencana studynya ini email aku Kk dina24289@gmail.com

    ReplyDelete
  27. gangerti bikin essay huhu

    ReplyDelete
  28. Kaka lolos di tahap pertama yah? Essay ini dibuat pas tahap pertama kan??

    ReplyDelete

Post a Comment