Tips Diterima Di Perguruan Tinggi Negeri


Hasil gambar untuk KULIAHHallo adik-adik SMA sederajat yang sedang sibuk-sibuknya belajar dan berdoa agar dapat masuk ke perguruan tinggi negeri, siapa sih yang tidak mau masuk ke perguruan tinggi negeri? pastinya tidak ada. Oleh karena itu, kali ini saya akan memberitahukan kalian apa saja yang harus kalian lakukansupaya bisa diterima di perguruan tinggi negeri. Diperhatikan dengan baik yaa...


Pertama-tama saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu nih hehe, saya adalah mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi negeri tepatnya dari kampus UPN Veteran Jakarta dengan program studi S1 Ilmu Hukum. Apa saja sih keunggulan jika kita diterima di perguruan tinggi negeri? yang pertama dan utama adalah pastinya biaya kuliah/semesteran terjangkau dan keunggulan yang kedua adalah suatu kebanggaan tersendiri jika bisa berkuliah di salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di di Indonesia dan keunggulan yang ketiga adalah lebih mudah mendapatkan kerja (masih katanya sih hehe). Tapi apapun itu keunggulannya pasti kalian sangat ingin diterima di perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Oleh karena itu berikut adalah langkah-langkah yang saya bisa bagikan bagi kalian untuk bisa diterima di perguruan tinggi negeri menurut pengalaman saya : 


1. Rajinlah Belajar

Ya, pastinya harus rajin belajar lah ya hehe, tapi yang perlu kalian tahu adalah ketika belajar janganlah terlalu lama atau terlalu memaksakan memahami pelajaran yang banyak dalam sekali belajar tetapi cobalah belajar dengan santai, maksudnya adalah belajarlah sedikit-sedikit yang terpenting memahami apa yang dipelajari dan cobalah konsisten untuk belajar lagi dan lagi.


2. Mengikuti Bimbingan Belajar Diluar Kelas

Bagi kalian yang memiliki orangtua dengan kemampuan ekonomi yang cukup untuk membiayai kalian mengikuti bimbingan belajar diluar kelas cobalah untuk memanfaatkannya. kenapa memangnya? karena disana kalian akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang mungkin kalian belum dapatkan dari pelajaran di sekolah. Kemudian kalian juga akan banyak berlatih soal-soal untuk ujian masuk ke perguruan tinggi negeri seperti SBMPTN dan Ujian mandiri. Saya sangat terbantu sekali dengan contoh soal yang diberikan sehingga saya dapat memahami kemungkinan seperti apa soal yang akan keluar pada ujian masuk perguruan tinggi negeri.


3. Update Informasi

Cobalah  untuk selalu mencari informasi apa saja yang berhubungan dengan perguruan tinggi negeri yang kamu inginkan. Hal tersebut akan sangat membantu sekali, mulai dari dimana letak kampus tersebut, kapan diadakan ujian mandiri dari kampus tersebut, kekurangan dan kelebihan kampus tersebut, dll.


4. Pantang Menyerah

Ini adalah hal yang sangat penting, yang namanya usaha pastinya tidak selalu berjalan mulus dalam satu kali coba oleh karena itu tetaplah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa lulus dalam tes masuk perguruan tinggi negeri yang ada. Ingatlah kalimat bijak ini "tidak ada hasil yang menghianati usaha". Oleh karena itu janganlah mudah menyerah jika gagal, karena pada pengalaman saya mengikuti ujian masuk ke perguruan tinggi negeri saya ditolak sampai 3 kali tes tetapi saya lulus di tes terakhir dan itu semua karena saya pantang menyerah.


5. Berpikir Positif

Usahakan untuk selalu berpikir positif agar kalian tetap bersemangat dan selalu termotivasi untuk bisa belajar di salah satu perguruan tinggi di Indonesia. Dengan berpikir positif kalian akan melakukan hal-hal yang bermanfaat yang mana akan membantu kalian dalam meraih satu tempat di kampus negeri.


6. Koreksi Diri 

Dalam hal untuk lulus dari tes masuk perguruan tinggi negeri kalian pastinya harus tahu dahulu dimana kelemahan dan kelebihan kalian agar kalian dapat diterima di perguruan tinggi negeri idaman kalian, oleh karena itu dalam tahap ini kalian harus bisa menemukan dimana kelemahan kalian supaya kalian dapat perbaiki dan supaya kesempatan masuk ke perguruan tinggi negeri lebih besar bagi kalian


7. Berdoa

Langkah terakhir yaitu perbanyak berdoa, karena kekuatan doa itu sangat luar biasa sekali dan juga jangan lupa untuk terus melakukan hal-hal yang positif agar hasil dari usaha kita positif. 


Mungkin hanya ini yang dapat saya berikan kepada kalian semua, semoga bermanfaat dan kalian diterima di perguruan tinggi negeri yang kalian inginkan. Bagi yang gagal, teruslah berjuang, pantang menyerah dan janganlah berkecil hati. Akhir kata saya ucapkan salam sukses bagi kalian semua!

Comments