Pengalaman Backpacking di Bali

Backpacker
https://www.riskinnovations.com/backpackers-guide-insurance-marketing/





Liburan? Bali? mahal? engga juga!!. Kali ini saya ingin memberikan tips liburan ala backpaker di bali kepada kalian semua, jadi mari kita bahas satu persatu :

  1. Transportasi  
Kalau urusan transportasi untuk saya memilih naik pesawat karena jarak dari kota tinggal ke bali cukup jauh dan lagi pula waktu saya untuk liburan sangat sempit jadi tidak mau membuang waktu banyak hanya dijalan, kalau kisaran harga naik pesawat dari kota saya (Jakarta) ke Bali itu paling murah masih ada yang 500 ribuan yang mana bisa dibilang sangat murah untuk berkunjung ke destinasi wisata ke-4 terbaik di dunia  berdasarkan TripAdvisor.

2. Penginapan 

Karena Bali adalah destinasi wisata dunia maka akan sangat banyak orang yang akan berkunjung kesana, semakin banyak orang maka semakin beragam juga kebutuhan para pengunjung pulau bali, oleh karena itu untuk masalah penginapan banyak sekali model model yang tersedia disana, mulai dari hotel mewah, sedang, dan bahkan ada pula hotel ala backpacker. Pada saat saya ke Bali dengan biaya hemat saya memilih hotel ala backpacker yang harganya Rp. 108.000 nama tempatnya yaitu Cara Cara Inn. Jika dilihat dari harga mungkin seperti murahan, tapi jika kalian lihat di aplikasi booking hotel online (saya booking dari Traveloka) maka bisa dilihat bahwa hotel itu bukan hotel murahan bahkan sudah mendapatkan rating 9.0 dari TripAdvisor dan betul penilaian itu tidak fake, tempatnya bersih, unik, nyaman dll. Namun jika ingin menginap di hotel ala backpacker yang lain maka jangan khawatir karena ada cukup banyak hotel backpacker di Bali.


3. Biaya Hidup 

Biaya hidup di Bali tidaklah selalu mahal, karena sebetulnya yang mahal adalah tergantung gaya hidup seseorang. Jika kalian tidak keberatan ingin memasak makanan sendiri maka kalian bisa membeli bahan pangan dari pasar dengan harga yang standar dan jika kalian yang tidak ingin masak maka saya menyarankan beli lah makanan daerah Bali di beberapa pasar tradisional di Bali dengan kisaran harga 25 ribu sampai 35 ribu per porsi. Saya menyarankan untuk membeli makana tradisional Bali karena jika kalian membeli makanan dengan merek terkenal atau mempunyai cabang di kota-kota lain seakan percuma datang ke Bali tanpa merasakan makanan khas daerahnya sendiri.




4. Transportasi 

Jika kalian tidak memiliki teman atau keluarga di Bali, maka opsi transportasi yang baik bagi yang ingin menjelajahi Bali seharian penuh adalah menyewa kendaraan yang tersedia di pinggir jalan yang kisaran harganya seperti haga sewa standar penyewaan kendaraan, namun bagi yang ingin bersantai di beberapa daerah saja maka kalian bisa gunakan opsi kendaraan online yang sejak 2016 sudah diizinkan masuk ke Bali (GO-JEK, GRAB) untuk para backpacker hindari tawaran ojek atau taksi lokal karena harganya sangat mahal sekali dan akan membuat kalian boros pastinya. 


5. Biaya lain-lain

Di biaya lain-lain ini yang ingin saya kasih tau pertama adalah biaya untuk sunblock jujur saja saya kaget melihat harganya pada waktu terakhir saya liat di mini mart dimana harganya kisaran 130 ribuan sampai 200 ribuan padahal waktu saya berkunjung ke Bali sebelumnya harga sunblock dengan merek yang sama dan hanya beda botolnya saja itu sekitar 40 sampai 50 ribuan, jadi kalau bisa kalian membeli sunblock dari kota asal kalian sebelum berangkat. Biaya lain-lain yang kedua adalah jika kalian ingin bersantai di pantai seperti kuta maka bawalah kain dari rumah untuk berjemur dipantai atau bersantai di pantai karena di pantai kuta duduk dibangku saja kita akan dimintai sejumlah uang dan menurut saya itu sangat merugikan padahal yang kita duduki hanya bangku plastik biasa-biasa saja jadi kita bisa menghemat biaya dari kedua hal diatas. 


6. Oleh-Oleh

Tak lengkap pulang jalan-jalan tanpa membeli oleh-oleh, oleh karena itu saya sarankan untuk menghemat pengeluaran kalian harus beli oleh-oleh dari pusat oleh-oleh yang besar di Bali dimana harganya jauh lebih murah, lengkap dan kualitas dijamin lebih baik dari pada yang ada di pinggir jalan atau pantai dan jangan terbuai dengan rayuan di penjual oleh-oleh pinggiran di Bali hehehe


demikian tips backpacker di Bali dari saya semoga liburan kalian menyenangkan...

Comments